UNTIDAR dan ORARI Jateng, Jalin Kerja Sama Pengembangan Amatir Radio

MAGELANG –Fakultas TeknikUniversitas Tidar (UNTIDAR) dan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) daerah Jawa Tengah, menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) dalam rangka pengembangan amatir radio.

PKS ditandatangani oleh Dekan Fakultas Teknik UNTIDAR, Dr. Ir. Sapto Nisworo, dan Ketua ORARI Jateng, Ir. Drs. JB. Praharto.

Implementasi kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan ide, produk maupun peningkatan SDM dalam pengelolaan amatir radio di era digital seperti saat ini.

“Mahasiswa UNTIDAR khususnya Teknik Elektro, kami ajak untuk mengenal amatir radio baik secara instrumen maupun manfaatnya,” ujar Dekan Fakultas Teknik UNTIDAR dalam sambutannya.

Dia berharap, mahasiswa dapat mulai terbuka pemikirannya, sehingga bisa memunculkan beragam ide untuk mengembangkan amatir radio yang lebih baik ke depannya.

“Komunikasi dengan amatir radio memiliki manfaat yang banyak salah satunya adalah memberikan informasi saat bencana alam.

Di saat sinyal provider mati atau hilang, komunikasi dengan radio amatir masih berfungsi dengan baik,” tambahnya.

Setelah penandatangan, baik dosen maupun mahasiswa Fakultas Teknik terutama Prodi Teknik Elektro, akan memulai topik penelitian mengenai amatir radio, dengan harapan pengembangan komunikasi khususnya amatir radio dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Diselenggarakan pula Kuliah Praktisi Industri ‘Set Up Emergency Komunikasi Data dengan Radio Over Internet Protocol (ROIP) dan Software Defined Radio (SDR)’.

Set Up Emergency berbasis radio bermanfaat untuk mengomunikasikan data digital dan audio dalam keadaan darurat.

Ketua ORARI Jateng, mengharapkan agar Kuliah Praktisi Industri dapat menjadi inspirasi untuk memecahkan masalah alam yang terjadi melalui pendekatan ilmiah bidang teknologi komunikasi.

“Harapannya, kita saling mengisi. UNTIDAR melakukan pendekatan ilmiah tentang amatir radio. Hasilnya, mahasiswa semakin berkualitas.

Bisa membaca situasi-situasi sosial dan emergency di sekitarnya,” tuturnya.

Dengan adanya penandatanganan kerja sama ini, Fakultas Teknik UNTIDAR diharapkan dapat semakin menggali kompetensi yang dibutuhkan di masa depan, sekaligus menghubungkannya dengan dunia industri. (dek)**

Sumber : KEDU SUARA MERDEKA

Leave a Reply

Your email address will not be published.