Merakit Antena Radio yang Mudah, Murah dan Diajari ORARI

Merakit Antena Radio yang Mudah, Murah dan Diajari ORARI (Foto: Fayyas/detikcom)

Jakarta – ORARI Lokal Jakarta Timur menggelar kegiatan pengembangan diri dan profesionalisme untuk anggotanya. Program kolaborasi Operasi Teknik dan Pendidikan, dalam memberikan sesi pelatihan praktis yang berfokus seputar antena radio High Frequency (HF). Mulai dari pengertiannya dalam bentuk diskusi, hingga praktek merakitnya bersama-sama.
Ketua ORARI Lokal Jakarta Timur, YBØDCP, Rudy Ismanto, sebagai penanggung jawab kegiatan, memberikan amanahnya kepada tim pengurus untuk segera membuat kepanitiannya. Alhasil sesuai kesepakatan, Workshop Merakit Antena Radio HF dengan Mudah dan Murah, dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2024.

Mengingat pembatasan peserta sejumlah 25 orang, kegiatan workshop dimulai pukul 09.00 WIB, dibuka dengan kata sambutan dari Wakil Ketua ORARI Lokal Jakarta Timur, YBØJVZ, Drs B Widyatmoko. Dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia, YCØSJA, M. Fayyas, terkait latar belakang workshop, hingga kelanjutan program kegiatan lainnya.

Dilanjutkan sesi doa bersama yang dipimpin oleh YCØCTE, Murono. Setelah itu, MC Acara YDØBLG, Desi Lurianti, membuka sesi diskusi pertama, tentang pengertian antena HF. Dipandu oleh YBØAWI, Ahmad As’ad, Ketua Bagian Pendidikan dan YCØLOU, Yeffrey Soedibyo, Ketua Bagian Operasi.

Kegiatan berlangsung seru karena tercipta saling tanya jawab antar peserta dengan pemandu diskusi. Mulai dari yang bersifat teknik, hingga pengertian tentang kabel antena dalam ukuran lambda. Hampir semua peserta diskusi, berlomba-lomba ingin mencari tahu dan berbagi pengalaman satu sama lain. Saat break siang, peserta memanfaatkan waktunya, dengan foto bersama dan saling berkenalan satu sama lain.

Tepat pukul 13.00 WIB, sesi diskusi dilanjutkan kembali. Kali ini, dipandu oleh YBØBAJ, Ir Eliza Sukiman MM MA. Dalam sesi ini, lebih banyak sharing tentang pengalamannya dalam merakit antena radio HF dan membuat linier (booster).

Usai paparan sharing dan tanya jawab, peserta yang hadir langsung diarahkan panitia untuk membuat kelompok. Hal ini dimaksudkan, agar bisa saling bekerjasama dan memudahkan share ilmu di sesi Praktikum Merakit Antena.

Empat kelompok yang tersedia, sangat interaktif dengan pembimbing praktikum, YCØLOU. Alhasil, komunikasi pun terjalin dengan baik. Bahkan tak ada kesulitan dari mereka, dalam hal merakit antena.

Apresiasi panitia kepada peserta, dilakukan undian berhadiah, berupa 4 antena yang sudah dirakit oleh merka semua. Inilah peserta yang beruntung mendapatkan hadiah tersebut, yaitu YDØBRF, YDØBHE, YDØBMU dan YDØAZU. Selamat kepada para peserta yang beruntung dan semoga bermanfaat hadiahnya.

Tepat jam 17:00 WIB, kegiatan ditutup dengan simbolis foto bersama. Namun, kegiatan yang sangat singkat ini, menarik minat anggota ORARI Lokal Jakarta Timur yang lain. Banyak di antaranya, menginginkan untuk digelar kembali acara yang serupa.

“Acara yang bertujuan keakraban dan menambah pengetahuan seperti ini, lebih sering diadakan dengan berbagai topik menarik lainnya. Kira-kira isinya seperti itu dan silahkan ditambahkan agar lebih menarik. Bravo OrLok JakTim dan Pengurusnya,” kata YBØBAJ dari WAG Orlok Jaktim.

“Terimakasih Panitia, Om, Mbak, atas Workshop yang telah dilaksanakan. Saya belajar banyak🙂🙏,” ujar YDØBIF.

“Mantabs seru acaranya, terima kasih buat semua para sumber dan senior yg telah memberikan ilmunya kepada kami 👍👍👍,” YDØBMM.

“Alhamdulillah saya bisa mengikuti kegiatan ini, bagi saya ini sangat penting terutama untuk menjalin silaturahmi antar sesama anggota Amatir, yang kedua tentunya mendapat ilmu baru sambil refreshing….lanjutkan,” kata YDØBMU.

“Hasil mengikuti workshop sangat menarik dan menginspirasi, akhirnya mo cari analyzer 🙏🙏 heeheee,” kata YDØBMM.

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.